Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan Negeri Luwu Timur

 

Pada tahun 2019 Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri Luwu Timur mengadakan program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di sekolah-sekolah di wilayah hukum Kejaksaan Negeri Luwu Timur yang meliputi Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). Dan Kejaksaan Negeri Luwu Timur telah merealisasikan program JMS tersebut pada 11 sekolah yang meliputi 10 (sepuluh) Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan 1 (satu) Sekolah Menengah Atas (SMA di Kabupaten Luwu Timur.

Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) ini dilaksanakan berdasarkan Surat Petunjuk Jaksa Agung R.I Nomor : B-81/D/L.2/01/2016 tentang Pembentukan Jaksa Masuk Sekolah Kejaksaan R.I agar tercipta masyarakat sadar hukum dan taat hukum dan sebagai wujud nyata kinerja Pemerintah RI melalui program Nawa Cita point ke-8 yang berbunyi : Melakukan revolusi karakter bangsa, kejaksaan Negeri Jakarta Selatan dengan program Penyuluhan Hukum telah melakukan langkah langkah pendidikan karakter dengan sasaran generasi muda anak usia dini.

Adapun yang menjadi tema dari program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) Kejaksaan Negeri Luwu Timur kali ini yaitu “Jaksa Sahabat Anak Indonesia !! Kenali Hukum, Jauhi Hukuman”.

Program ini bertujuan untuk memperkenalkan hukum pada siswa dan siswi sejak dini, mengenalkan produk hukum seperti undang-undang serta mengenal lembaga Kejaksaan dan tupoksinya yang disamping memiliki fungsi penegakan hukum, Kejaksaan RI juga melakukan fungsi preventif yakni mencegah terjadinya kejahatan dengan melakukan Penyuluhan hukum.

Materi yang disampaikan dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) di lingkup sekolah-sekolah di Kabupaten Luwu Timur antara lain yakni mengenai  bahaya narkoba serta konsekuensi hukum yang bakal diterima bagi yang terlibat narkoba, potensi pelanggaran terhadap Undang undang transaksi elektronik Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik yang memeicu terjadinya kenakalan remaja missal perkelahian antar pelajar yang disampaikan oleh narasumber Bapak Hasbuddin B. Paseng, S.H., Bapak Koharudin, S.H., Bapak Andi Hasanuddin, S.H., M.H., Bapak Budi Utama, S.H., M.H., Bapak Ramaditya Virgiyansyah, S.H., M.H., dan Bapak Dedi Mangngatta Lande, S.H., M.H.

Acara JMS tersebut dihadiri oleh perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten Luwu Timur, Kepala Sekolah, Para Guru dan Siswa-Siswi SMP dan SMA pada wilayah Kabupaten Luwu Timur.

Bahwa dalam program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) tersebut para siswa-siswi sangat antusias dengan diadakannya sesi tanya jawab banyak peserta yang menanyakan kepada narasumber.

Program Jaksa Masuk Sekolah (JMS) yang telah dilaksanakan oleh Kejaksaan Negeri Luwu Timur tersebut berjalan dengan aman, tertib dan kondusif.

Kepala Kejaksaan Negeri Luwu Timur

Kabupaten Luwu Timur adalah salah satu Daerah Tingkat II di provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Kabupaten ini berasal dari pemekaran Kabupaten Luwu Utara yang disahkan dengan UU Nomor 7 Tahun 2003 pada tanggal 25 Februari 2003.

 
 
Y. Avilla Agus Awanto Putra, S.H.

Kontak

  Alamat email ini dilindungi dari robot spam. Anda memerlukan Javascript yang aktif untuk melihatnya.
  0474 321005
  Jl. Soekarno Hatta Puncak Indah, Malili

Kunjungi Sosial Media